Rabu, 13 November 2013

ABU NA'AS MENCARI MODAL USAHA

Kisah petualangan abu na'as
ABU NA'AS MENCARI MODAL USAHA . Abu na'as tidak terlahir dari keturunan keluarga kaya , juga bukan dari golongan bangsawan yang berpendidikan , dia terlahir dari rakyat jelata , yang bisa di bilang punya tanah dan rumah tidak ngontrak saja sudah untung , makan sehari hari tidak telat saja sudah bagus. 

Abu Na'as tidak memiliki status pendidikan tinggi , status sosial yang mapan , kecuali sebatas akte kelahiran dan ktp saja , dia tidak punya sim, kartu kredit atau dokumen berharga lainya , namun semangat abu na'as untuk menjalani hidup , bisa di bilang tidak ada duanya , walau nasib na'as sering menimpa dirinya namun dia tak pernah putus asa dan selalu berusaha .

Berkali kali abu na'as gagal dalam bisnis, terakhir abu na'as bisnis jualan pulsa namun hasilnya dia rugi besar karena uang pulsa habis di hutangi orang , sementara ternak ayam saat ini tidak memungkinkan karena musimnya lagi banyak ayam terkena flu burung . di saat dia bingung mau usaha apa , kebetulan ada seorang pemuda yang sedang jualan jajanan camilan mengalami masalah dengan sepeda motornya yang macet , melihat kejadian itu abu na'as terpanggil untuk membantu pemuda tadi .

ABU NA'AS : Kenapa mas dengan motornya ?
Pemuda : Ini mas kayaknya , ada yang rusak , maklum motor tua ,
Abu Na'as : Coba di cek bensinya mas , kali saja habis 
Pemuda : Sepertinya tidak mas , tadi sudah ku isi full .
Abu Na'as : Motormu ini dua tak mas , tipe motor boros bahan bakar .
Pemuda : Apa iya ya ? karena aku belinya murah banget , cuma 700 ribu .
Abu Na'as : Oh iya mas , ini motor yamaha 75 , harganya dengar dengar emang segitu , dan karena ini motor 2 tak , coba cek dulu saja dech bensinya , sini aku bantuin nurunin barangnya .
Pemuda : Oh iya , coba cek dulu aja dech .
Kemudian mereka berdua menurunkan barangnya , dan saat jok di buka ternyata benar bensinya habis.
Abu Na'as : nah benar kan mas bensinya habis .
Pemuda : Iya , ini beli bensinya di mana mas ?
Abu Na'as : Oh agak jauh mas ada 1 km .
Pemuda : Wah jauh juga , kalau aku nuntun motor kesana nanti daganganku gimana, kalau di tinggal di sini yang nunggu siapa ? mana besok waktunya ngsur motor lagi . ( pemuda tanpak sedih ) .
Abu Na'as : Gini saja mas , aku bantu dorong kamu yang nyetir , sampai tempat penjual bensin . 
Pemuda : Oh beneran ya , mas ? oke kalau getu naikin lagi barangnya , aku naik mas yang dorong ya ?
Abu Na'as : Iya , 
Mereka berdua berjalan menuju penjual bensin , pemuda tadi naik motor sambil nyetir , sementara abu na'as , mendorong dari belakang . sampai tempat , motor langsung di isi bensin dan langsung bisa nyala .
Pemuda : Terimakasih mas telah bantu saya , ini mas sebagai tanda terimakasihku ( uang lembaran 10 ribu )
Abu Na'as : Oh tidak usah mas , silahkan buat tambah angsuran motor saja .
Betapa senangnya hati pemuda tadi ketemu orang kayak abu na'as . 
Pemuda : Oh okelah mas kalau getu aku neruskan perjalanan ya mas , terimakasih ya ?
Abu Na'as : Iya , hati hati , mudah mudahan laris . amin...
Pemuda : Amin....

Dari kejadian di atas abu naas jadi kepikiran , bagaimana jika dia buka usaha seperti pemuda tadi , jualan camilan keliling dengan motor , tapi modalnya bagaimana ? . Setelah tanya sana sini akhirnya abu na'as dapat informasi bahwa ada lembaga yang bisa meminjamkan modal untuk usaha .

Abu Na'as langsung menuju lembaga tersebut , setelah sampai di sana , abu na'as , bertanya pada pegawainya ?
Abu Na'as : Pak saya mau tanya , bagaimana cara meminjam modal untuk usaha ?
Pegawai : Bapak siapkan berkas berkasnya , KTP, KK dan Jaminannya serta jumlah uang yang akan di pinjam .
Abu Na'as : KTP ada pak , kalau KK belum punya , saya belum nikah , terus jaminanya itu apa pak ?
Pegawai : Kalau belum punya KK tidak boleh pinjam modal mas, kalau untuk jaminan , bisa BPKB Motor, surat tanah mas .
Abu Na'as : Loh pak saya pinjam modalnya ini untuk usaha dalam rangka ingin menikah pak , kalau jaminan selain BPKB dan tanah ada ga pak , karena saya ini tidak punya motor , tanah juga belum di wariskan .
Pegawai : Oh anda masih bujang ya ? kok kasihan banget , mau kawin saja di bela belain hutang, mana jaminan ga punya lagi .
Abu Na'as : Iya pak .
Pegawai : Gini saja mas , kamu buka usaha kecil kecilan saja dulu yang tidak perlu hutang ,nanti kalau butuh tambahan modal baru ke sini , jangan lupa syarat syaratnya di penuhi mas .
Abu Na'as : Iya pak , jadi ini saya tidak boleh pinjam modal ya pak ?
Pegawai : Belum bisa mas , karena kamu tidak memenuhi syarat .
Abu Na'as : Oh , terimakasih pak atas informasinya .
Pegawai : Sama sama mas .
Abu Na'as pulang dengan tangan hampa , harapanya untuk meminjam uang gagal . dia melamun dan merenung hingga ketiduran di sebuah mushola .

 
TOP