Sabtu, 12 April 2014

Abu Na'as Gagal Jadi Caleg

Eng Ing Eng... genderang perang pemilihan umum telah di bunyikan pertanda perlombaan berburu suara rakyat akan di mulai , siapa yang paling banyak mendapatkan dukungan suara maka dialah pemenangnya . Woro-woro di sebar ke seluruh pelosok negeri , mualai dari Sibing sampai Meriki , Kota-kota dan Kuti-kuti semua di beri tahu bahwa akan ada kompetisi besar guna menentukan siapa yang berhak memimpin negeri Bayangan beserta wakil wakil rakyatnya .

Sore itu abu na'as pulang dari menggembala kambing , kebetulan di jalan ada selebaran melayang , awalnya di abu na'as kaget , di kira yang melayang tadi adalah uang , setelah di kejar ternyata isinya Iklan Kredit Motor . Tak mengeluh dan tidak kecewa , abu na'as melanjutkan perjalanan bersama dua ekor kambingnya . saat abu na'as kembali nengok kambingnya ternyata , seekor kambingnya tidak ada di tempat , abu na'as kebingungan , dia pontang panting kesana kesini , tidak menemukan juga , padahal dia sudah menggunakan bahasa kambing. Mbek... Mbek.... kamu di mana .... mbek.... mbek.... begitu seterusnya , tapi tidak ketemu juga .

Merasa capek akhirnya abu na'as memutuskan untuk pulang bersama kambing satunya , suasana mendung dan mulai gelap , bagaimanapun dia harus pulang untuk memasukan kambing sekaligus masak nasi untuk nanti malam .walau sedih kambingnya belum ketemu ,tapi dia berusaha tabah dan terus berdo'a mudah-mudahan kambingnya segera kembali .

Di tengah kesedihanya , mendadak ada suara mbek... mbek... mbek.... abu na'as kenal betul dengan suara itu , tidak lain dan tidak bukan itulah suara kambing piaraanya . tanpa pikir panjang dia langsung berlari ke arah suara kambing tadi . Tak berapa lama , dia menemukan kambingnya sedang di halaman seorang warga .

Melihat kambingnya sudah ketemu hati abu na'as lega  , langsung di dekati dan di ajak pulang . Saat mau beranjak pulang mendadak hujan turun dengan derasnya bercampur petir .Perjalanan masih lumayan jauh , tak mungkin untuk di lanjutkan . Akhirnya abu na'as berteduh di pinggir jalan .kebetulan ada pos kampling di situ .

Tak berapa lama berteduh di situ , mendadak ada anak muda ikut berteduh juga di pos kampling tadi .

Pemuda : Permisi mas mau ikutan berteduh .
Abu : Iya mas.. silahkan...
Pemuda : Mas dari mana ,kok bawa bawa kambing segala .
Abu : Ini pekerjaan saya mas , tukang gembala kambing .
Pemuda : Oh... jadi ini kambing mas sendiri ya , saya kira dapat bantuan dari Caleg .
Abu : Iya ini kambing saya sendiri mas, mana ada caleg bagi bagi kambing .
Pemuda : Wah... bagi-bagi kambing saat pemilu gini sudah biasa mas .
Abu : Masa sih mas , aku kok belum pernah dapat ya ?
Pemuda : Bagi bagi kambing hitam mas ,maksudnya .
Abu Dan Pemuda tadi tertawa bareng-bareng...
Abu Na'as : Lah masnya sendiri dari mana .
Pemuda : Saya dari kantor desa mas , biasa rapat kader .
Abu : Masnya ini ikutan kader partai juga ya ? Nama partainya apa mas ?
Pemuda : Iya mas , biar tambah pengalaman , nama partaiku PPSM  .
Abu : PPSM kepanjanganya apa mas .
Pemuda : Persatuan Pemuda Sukar Maju mas...
Abu : Wah cocok itu , bisa jadi wadah inspirasi orang-orang seperti saya ini , tipe pemuda sukar maju
Pemuda : Iya mas bener juga , malah kalau masnya nanti lulus tes , bisa di angkat jadi Caleg pemilihan tahun ini mas .
Abu : Masak sih mas.
Pemuda : Iya mas , kan yang nyeleksi saya sendiri kok mas . bisa langsung saya coba di sini .
Abu : Wah wah boleh di coba neh kayaknya . emang tesnya apa mas ?
Pemuda : Mudah kok mas..., saya yakin masnya pasti bisa .
Abu : Ayo pertanyaanya , apa ? jadi penasaran aku .
Pemuda : Oke mas , jawab pertanyaan ini mas dengan cepat ,tepat , sekali jawab dan tidak boleh salah . Amalan Apa yang di sukai Allah dan di sukai setan ? cepat jawab mas tidak boleh lebi satu menit dan tidak boleh di ulang .
Abu : Sholat
Pemuda : Yah salah mas , Sholat di sukai Allah tapi di benci setan , kamu gagal mas . Tapi tak apa , saya beri satu kesempatan lagi . Oke aku ulangi pertanyaanya Amalan Apa yang di sukai Allah dan di sukai setan ?
Abu : Menolong fakir miskin.
Pemuda : Yah.... salah lagi mas... Membantu fakir miskin itu di sukai Allah saja tapi tidak di sukai setan . Aku kasih kesempatan yang terakhir ya mas , Amalan Apa yang di sukai Allah dan di sukai setan ?
Abu : Baca Alquran
Pemuda : Yah tetap salah mas , berarti kamu gagal jadi caleg dari Partai Pemuda Sukar Maju Mas , maaf ya mas .
Abu : Terus jawaban yang benar apa mas ?
Pemuda : Maaf mas , untuk sementara jawaban yang benar belum bisa saya sampaikan , karena ini masih kondisi pencarian . nanti saja kalau sudah ada yang jawab , masnya akan tahu Amalan Apa yang di sukai Allah dan di sukai setan ? ya sudah ya mas, hujanya sudah reda , saya mau melanjutkan perjalanan . Masnya juga silahkan pulang , kasihan tuh kambingnya .
 Abu : Oh iya mas , sampai jumpa lagi di lain kesempatan .

Abu na'as dan pemuda tadi berpisah , tapi pertanyaan pemuda tadi masih terus terngiang  , amalan apa sih yang di sukai Allah dan di Sukai setan . abu terus melanjutkan perjalanan pulang Adzan Magribpun berkumandang . Abu menyempatkan mampir ke sebuah mushola untuk melakukan sembahyang . Setelah melakukan sholat abu teringat lagi dengan pertanyaan pemuda tadi , sampai kebawa-bawa dalam sholat , namun tidak juga menemukan jawabanya . Akhirnya abu memberanikan diri untuk bertanya pada imam sholat mushola tersebut .

Abu : Assallamualaikum , pak imam ...
Imam : Waalaikumsalam nak , ada keperluan apa nak ?
Abu : Bolehkan  menanyakan sesuatu pak ?
Imam : Oh, silahkan nak , dengan senang hati .
Abu : Gini pak imam saya mau menanyakan tentang Amalan apa sih yang di sukai Allah dan di sukai Setan ?
Imam : Oh nak , hampir satu minggu ini , banyak orang bertanya tentang ini , saya sendiri heran , siapa sih yang membuat acar seperti ini ?
Abu : Tadi saya ketemu seseorang pak , katanya kalau bisa jawab pertanyaan ini nanti di angkat jadi Caleg , kalau ga salah , katanya dia bagian tukang seleksi caleg Partai Pemuda Sukar Maju , pak.
Imam : Walah.... orang-orang pada kena tipu orang gila itu ya ? gini nak, dia itu tidak waras , dia dulu jadi caleg , setelah mengeluarkan uang banyak tapi gagal , terus dia stress .
Abu : Masak sih pak ?
Imam : Iya nak , percaya saya dech ...
Abu : Tapi kok pandai membuat pertanyaan yang bikin orang bingung ya pak ?
Imam : Soal pertanyaan itu bapak bisa jawab , mudah kok .
Abu : Sekilas sih tanpak mudah pak , tapi sampai sekarang saya belum menemukan jawabanya .
Imam : Sambil tersenyum , imam mushola  tadi menjawab " Amalan yang di sukai Allah dan Di Sukai Setan itu adalah Menolong Anak Setan Yang Kcebur Kali Nak "
Abu : Loh kok bisa pak ?
Imam : Menolong sesama itu di sukai Allah ga nak .
Abu : Iya
Imam : Menolong anak setan yang kecebur kali , di sukai setan ga ?
Abu : Iya .
Imam : Nah sekarang dah ketemukan jawabanya  .
Abu : Iya ya .... hehehehehehehehe

 
TOP