Senin, 08 Februari 2016

SUNNI SYIAH DAN ISLAM

Di negeri 1001 masalah banyak sekali keyakinan Agama dan kepercayaan , maklum mungkin hanya inilah satu-satunya negeri di dunia yang mewajibkan rakyatnya untuk percaya pada tuhan yang maha esa . Tidak ada ruang untuk ateis di sini . Inilah kelebihan yang menonjol yang patut di banggakan di negeri ini , biarpun tanpak nasionalis tapi sedikitpun tidak meninggalkan dasar agamis.

SUNNI SYIAH DAN ISLAM
Di antara banyak Agama dan kepercayaan yang ada hanya satu Agama yang sampai sekarang jadi sorotan Dunia yaitu ISLAM . Sebuah agama yang di bawa oleh seorang nabi bernama Muhammad S.A.W dari negeri padang pasir yaitu Saudi Arabia , Satu-satunya agama di dunia yang paling cepat perkembanganya juga paling kuat pengikutnya dalam memegang sebuah keyakinan .

Di negeri 1001 masalah Agama Islam menjadi agama pavorit , hampir 90% rakyatnya menganut agama islam . Walaupun dasar negaranya tidak menggunakan hukum islam . Tapi Al hamdulillah , muslim di negeri ini bisa hidup rukun damai , berbeda jauh dari negeri asal agama ini sendiri , di sana selalu saja ada konflik tentang ajaran dan keyakinan padahal mereka menyatakan Hukum Islam sebagai dasar negaranya .

Sebagai penganut Islam terbesar dunia , tentu Negeri 1001 masalah sedikit banyak ikut kena dampak dari Konflik yang ada di timur tengah , walau tak separah yang di sana tapi setidaknya hal ini bisa menjadikan situasi sedikit labil . Bagaimanapun , pelaku konflik di sana akan mencari dukungan di mata dunia untuk mendapat pembelaan dan simpatisan dari orang-orang yang ber agama islam di seluruh dunia , salah satunya Negeri 1001 Masalah .

Dari sekian banyak konflik ada dua kubu yang paling besar saat ini dan paling terkenal di dunia saat ini , yaitu SUNNI dan SYIAH . Mereka saling mengeklaim dirinya , bahwa ajaran islam yang di jalaninyalah yang paling benar , semantara yang lain itu Islam-islaman . Kurang lebih intinya seperti itu .

Akhir cerita , mereka saling bersaing untuk mendapatkan kekuasaan, guna menyebarkan ajaran, membunuh dan menindas siapa saja yang tidak sepaham denganya . Ribuan bahkan jutaan nyawa melayang, pendidikan terbengkelai , kesehatan amburadul , kesejahtraan umat hancur , nyaris tak ada keamanan dan kedamaian di sana . Yang ada besok membunuh atau di bunuh siapa ? Miris melihat keadaan seperti ini .

Padahal jika saja mereka mau insyaf dan berfikir jernih , Istilah Sunni Dan Syiah saat ini bisa di kata sudah melampaui batas-batas agama yang mereka yakini selama ini , setidaknya batas-batas ajaran agama yang di buat tameng selama ini yaitu ISLAM .

Mereka membela kepahaman habis-habisan atas nama golongan , atas nama paham , sekte dan lain sebagainya . Hingga seakan-akan , sekte,paham,golongan yang mereka bela seperti layaknya agama itu sendiri . Padahal tidak seperti itu , ISLAM ITU RAHMATAN LIL ALAMIN . yang namanya rahmat untuk seluruh alam tentu tidak ada batasan khusus untuk mempelajari agama islam . tidak ada yang boleh mengeklaim bahwa dialah yang lebih berhak atas ISLAM . baik secara individu atau golongan . Termasuk di sini SUNNI dan SYIAH . Mereka sama-sama punya hak untuk mempelajari AGAMA ini , mengembangkan dan menyebarkan . Tapi mereka tak ada hak sedikitpun untuk menyatakan bahwa dialah yang lebih benar dan pintar dan lebih di terima oleh Pemilik Agama tersebut yaitu ALLAH S.W.T .

Alquran itu luas, Hadist Juga banyak , Latar belakang umat seluruh dunia juga berbeda-beda . Tidak serta merta Cara mereka memahami Alquran itu sama . Dan kita sebagai hamba harus percaya pada Allah bahwa alquran yang ada sekarang ini sudah di desain sedemikian rupa agar bisa di pahami serta di jalani oleh seluruh Alam dengan berbagai latar belakang .

Yang di perlukan sekarang bukan mencari perbedaan tapi mencari kebenaran , sama-sama berjuang mencari Solusi bagaimana menjalani Ajaran Ini sesuai dengan yang di inginkan Oleh Allah . Untuk apa kita ngotot habis-habisan jika nyatanya hati kita masih dalam keraguan . Untuk apa kita bela mati-matian jika nyatanya kita hanya ingin ketenaran,kekayaan dan kehormatan , apa kita tidak malu , mencari dunia atas nama agama, ingin di kata jago tapi dasanya fanatik buta . Lebih parah lagi mengada-ada atas nama Agama .

Biarlah Islam sebagai Islam , agama suci murni tanpa embel-embel syiah dan sunni . Jika itu memang sebuah paham , akui bahwa itu sebuah Paham dan jangan paksakan sebagai Agama . Jika memang itu sebuah sekte akui bahwa itu memang sekte jangan paksakan itu sebuah ajaran yang mewajibkan orang lain untuk beriman .
Akhir kata , mari kita berdoa mudah-mudahan muslim di negeri 1001 masalah tetap berdamai . Jadikan perbedaan sebagai media untuk menambah pengetahuan agar kita bisa saling mengasihi dan menyayangi dan kita bersama berjuang mencari Ridho Illahi .

JANGANKAN BERDAMAI DENGAN YANG MENGAKU SEIMAN DAN SEAGAMA.
BERDAMAI DENGAN YANG BERBEDA AGAMA SAJA BOLEH KOK

 
TOP